7 Langkah Meningkatkan Skill Berpikir

7 Langkah Meningkatkan Skill Berpikir---Berpikir bisa ditingkatkan seperti keterampilan lainnya. Manfaat mengembangkan keterampilan berpikir diantaranya bisa meningkatkan prestasi, lebih mudah dalam berinteraksi di kehidupan sosial, menigkatkan kecerdasan emosi misalnya menurunkan kecenderungan agresif, pemarah dan kecenderungan negatif lainnya, kreatif dan konstruktif, dan sebagaiannya. Beberapa peneitian menunjukan bahwa jika seseorang berpikir secara positif dan efektif maka sakit, marah dan kecenderungan agresif akan berkurang secara signifikan. Dan ini lah 7 langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skill berpikir :

1. Langkah pertama yaitu Mengenali Bagaimana Kita Berpikir
Mengenali bagaiman cara kita berpikir adalah langkah awal sebelum kita bisa mengubah atau meningkatkan cara kita berpikir. Kenali cara atau kondisi berpikir kita saat ini. Kita tentu akan merasa kesulitan untuk memperbaiki diri jika kita tidaj tahu apa kekurangan yang harus kita perbaiki, atau kekuatan yang bisa kita tingkatkan. Lalu kita akan menemukan cara untuk mengubahnya.

langkah 1
 2. Langkah kedua yaitu Ambil Waktu / Berhenti Sejenak
Saat kita mengalami masalah, ambil waktu untuk diam sejenak, lalu tariklah nafas beberapa saat untuk mendapatkan oksigen. Diam sejenak adalah upaya untuk terlebih dahulu 'mencuri waktu' agar emosi negatif tidak lebih dulu menguasai kita. Saat oksigen masuk kedalam tubuh kita, maka dapat melancarkan aliran darah ke otak dan memudahkan kita untuk berpikir lebih jernih.

langkah 2
 3. Langkah ketiga yaitu Eksplorasi Informasi
Setelah kita lebih tenang, cari berbagai informasi mengenai masalah yang kita hadapi, mungkin ada baiknya kita melakukan pengolahan dan eksplorasi lebih banyak mengenai informasi yang kita miliki itu. Semakin banyak informasi yang kita kumpulkan, maka lebih banyak alternatif solusi yang akan kita dapatkan. Disini kita dapat menggali informasi dari diskusi, wawancara, buku teks, internet atau sumber lain.

langkah 3
 4. Langkah keempat yaitu Seleksi Informasi
Kemudian seleksi inforamsi yang telah kita kumpulkan, sesuaikan dengan kebutuhan kita. Informasi yang dipilih hendaknya diarahkan kepada fokus persoalan atau tantangan yang sedang kita hadapi.

langkah 4
 5. Langkah kelima yaitu Mengasah Keterampilan Bertanya
Mengajukan pertanyaan mungkin merrupakan hal yang terlihat sederhana, namun keterampilan bertanya ini membutuhkan latihan agar dapat merangsang kemampuan berpikir, membantu dalam mencapai tujuan dan memusatkan kekuatan ingatan dalam suatu masalah. Dari informasi yang kita miliki buatlah berbagai pertanyaan. Pertanyaan tersebut akan memudahkan dan melatih kita untuk berpikir lebih mendalam, menentukan benar salah. mencari sebab akibat, memilah baik buruk, sehingga mempermudah kita mengolah informasi, mengelola emosi dan mencari solusi.


langkah 5
 6. Langkah keenam yaitu Melatih Fokus Pada Sesuatu Hal
Lalu, cari apa yang menjadi fokus pada masalah yang kita hadapi. Misalnya beberapa hari anak enggan untuk sekolah tanpa alasan yang jelas, kerapkali kita menjadi emosional ndan mengakibatkan munculnya emosi negatif. Sebelum emosi negatif muncul, usahakan untuk fokus pada masalahnya dan menggunakan informasi yang kita miliki, cari akar maslahnya, dengan demikian kita akan lebih mudah untuk mencari jalan keluar tanpa harus terpancing emosi marah.

langkah 6

7. Langkah ketujuh yaitu Refleksi
Refleksi melatih kita untuk menarik kesimpulan, mendapat insight atau 'AHA' atau hikmah dari sebuah pengalaman yang telah kita lalui. Melihat kembali di bagian-bagian mana kita mengalami kesulitan, pada bagian mana yang paling mudah kita lakukan, bagaimana kita menyelesaikan persoalan tersebut dan menyusun langkah perbaikan untuk kedepannya. 

langkah 7




 

8 Responses to "7 Langkah Meningkatkan Skill Berpikir"

  1. patut untuk dcba apa lgi buat anak usia dini, nice info gan

    BalasHapus
  2. Klo boleh kasi saran, itu di block tebal per nomor.. Jd biar lebih enak dibaca... Siips artikelnya kerenzz

    BalasHapus
  3. mantap infonya sangat inspiratif sekali ijin bookmark nanti saya baca kembali untuk dipelajari

    BalasHapus
  4. waah postingan yang sangat bermanfaat gan

    ditunggu kunbalnya
    http://menurutcaraku.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. waahh josh gan artikelnya, tapi kok ada menu 1 menu 2 ga bisa dibuka ya, saran ane dikasih link gan, thanks
    .... ..

    .
    .
    .
    .

    BalasHapus
  6. boleh dicoba tips-tipsnya diatas terima kasih gan

    BalasHapus
  7. Terima kasih bisa membuat sy utk mencoba

    BalasHapus

wdcfawqafwef